daftar iklan mgid

Pelopor Cyber University di Indonesia

Barangkali Universitas Terbuka (UT) merupakan Pelopor Cyber University di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan sistem pendidikan UT yang sejak awal berdiri telah dilakukan yaitu menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh.

Universitas Terbuka (UT)

Apalagi dunia pendidikan saat ini tengah dihadapkan pada era baru revolusi industri 4.0. Itu artinya, seluruh stakeholder termasuk perguruan tinggi dituntut untuk dapat mampu mengimbangi perubahan fundamental yang terjadi termasuk digitalisasi.

Untuk itu, UT ditunjuk untuk mengawal dan membantu mewujudkan apa yang dicanangkan Menristekdikti agar perguruan tinggi bisa menjadi cyber university layaknya UT seperti UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Pada pertengahan 2017, UT mulai menerapakan tutorial berbasis web yang memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi langsung melalui web tutor.

Kepala Pusat Keilmuan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, Prof Dr. Maximus Gorky Sembiring menyatakan UT akan terus berusaha meningkatkan layanan kepada mahasiswa UT yang tersebar di berbagai wilayah.

Saat ini, Unit Program Belajar Jarak Jauh UT (UPBJJ UT) telah berjumlah sekian mencakup UPBJJ luar negeri di Hong Kong, Malaysia, dan Singapura.

Selain itu, sistem ujian jarak jauh berbasis daring juga sudah diuji coba di beberapa UPBJJ-UT. Hal-hal lain juga sedang kita kembangkan untuk menunjang perkuliahan mahasiswa UT. Harapannya tentu dapat mempermudah sekaligus menjangkau seluruh lapisan anak bangsa tanpa terkecuali.

UT pun kian memantapkan langkah sebagai pelopor cyber university di Indonesia. UT telah berkiprah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan akses pendidikan yang terjangkau, fleksibel, dan berkualitas.

Cyber University Untuk Negeri, UT ingin dapat terus mampu berdiri menjadi garda terdepan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan perguruan tinggi.

Lebih lanjut, keberhasilan UT di dalam menjaring mahasiswa baru dari semula hanya 20 ribu mahasiswa kini telah mampu mencapai 60 ribu per semester. Jumlah mahasiswa tersebut tak ayal berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap UT.

Universitas Terbuka (UT) di usia ke-34 saat ini telah berhasil membuktikan bahwa dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis daring (online), mampu menjangkau pendidikan anak bangsa hingga ke seluruh pelosok negeri bahkan luar negara.

Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *