Peran Dan Upaya UNICEF Indonesia

UNICEF (United Nations Children Emergency Fund) merupakan organisasi internasional di bawah PBB yang bergerak di bidang pemerhatian sekaligus penyalur bantuan kemanusiaan secara khusus bagi anak-anak korban konflik maupun bencana alam. UNICEF dibentuk pada tahun 1946, ketika banyak pemimpin dunia yang mulai memiliki perhatian khusus terkait dengan kondisi anak-anak korban Perang Dunia Kedua di wilayah Eropa.

UNICEF kemudian terus bertransformasi sebagai lembaga internasional yang memperluas fokus perhatiannya terhadap hak-hak anak dimana hal ini direalisasikan melalui pembentukan Konvensi Hak Anak oleh Komisi HAM PBB atas desakan UNICEF. Oleh karenanya, delegasi tiap negara dalam PBB kemudian menginisiasi pengumpulan donasi yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan UNICEF.

Peran Dan Upaya UNICEF Indonesia

UNICEF Indonesia

UNICEF mulai bekerja di Indonesia pada tahun 1948, yang kala itu berfokus pada penyediaan bantuan darurat untuk mencegah kelaparan di pulau Lombok. Setahun kemudian, perjanjian kerja sama resmi pertama ditandatangani dengan Republik Indonesia untuk membangun dapur susu di Yogyakarta, pusat pemerintahan baru pada waktu itu.

Pada tahun 1969, Pemerintah Indonesia meluncurkan Rencana Pembangunan Lima Tahun pertamanya, dengan UNICEF dan organisasi PBB lainnya terlibat dalam memberikan bantuan teknis.

Selama beberapa dekade berikutnya, keterlibatan UNICEF di Indonesia telah berkembang dan mencakup area program yang lebih luas yang semuanya bertujuan untuk membantu Indonesia mewujudkan hak-hak anak-anak dan perempuan.

Saat ini program-program UNICEF didorong oleh komitmen terhadap keadilan – memberikan kesempatan yang adil dalam hidup bagi setiap anak, di mana saja, terutama yang paling dirugikan. Meskipun ruang lingkup program UNICEF mungkin telah berubah dari waktu ke waktu, namun mandat utama organisasi masih belum tercapai yaitu UNICEF Indonesia tetap memastikan bahwa tidak ada anak yang tertinggal.

Peran Dan Upaya UNICEF Indonesia

Peran UNICEF di Indonesia merupakan mitra pilihan yang strategis bagi anak-anak Indonesia untuk mencapai potensi penuh mereka, untuk itu UNICEF mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengutamakan anak-anak dan berinvestasi dalam kelangsungan hidup, perkembangan, dan perlindungan anak.

Program UNICEF di Indonesia untuk 2016-2020 didasarkan pada kesetaraan, yang berfungsi untuk merealisasikan hak-hak anak – terutama bagi yang paling miskin dan terkucilkan – sebagaimana diabadikan dalam Konvensi Hak Anak dan diartikulasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

UNICEF membantu mitra nasional untuk memantau dan mengukur kemajuan terhadap hak-hak ini melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang berfokus pada anak, dengan penekanan pada anak-anak yang paling rentan.

Intervensi program UNICEF berbasis hak, melintasi berbagai sektor, merespon kebutuhan khusus anak perempuan dan laki-laki dan mengatasi kerentanan dan memperkuat anak-anak dalam dekade pertama dan kedua kehidupan mereka.

UNICEF adalah lembaga yang unik di antara lembaga multi-lateral di Indonesia dengan kehadirannya di tujuh kantor regional dan sub-regional, terutama di daerah dengan disparitas dan kesenjangan layanan yang terbesar.

UNICEF mengisi kesenjangan antara kebijakan tingkat tinggi di hulu dan saran program dengan lebih banyak dukungan di hilir untuk perencanaan, pembiayaan dan pemberian layanan di lapangan, terutama untuk mengadvokasi kualitas, kesetaraan dan keberlanjutan program.

Kehadiran UNICEF di negara dengan populasi anak terbesar keempat di dunia menunjukkan bahwa kami memiliki potensi untuk memberi dampak pada lebih dari 80 juta anak. UNICEF akan benar benar bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan bahwa anak-anak dan remaja – sebagai masa depan Indonesia – memiliki peluang yang setara.

Setiap anak berhak mendapat kesempatan yang adil. Untuk itu peran masyarakat untuk bergabung menjadi donatur pada UNICEF memiliki dampak nyata pada kehidupan anak-anak di Indonesia. Kita dapat memberikan donasi rutin yang disertai cara berhenti donasi UNICEF dengan mudah atau dengan cara lain yaitu dengan donasi satu kali.

 

Peran Dan Upaya UNICEF Indonesia

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *