Tips Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Rasa nyeri saat haid sering membuat perut tidak nyaman. Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan karena dapat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri saat haid. Anda penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

1. Beristirahat

Salah satu gejala yang dialami oleh wanita saat haid adalah nyeri pada perut. Lalu, sakit perut saat haid apakah berbahaya? Anda jangan khawatir karena sakit perut tersebut dapat diatasi dengan istirahat yang cukup.

Caranya adalah Anda berbaring untuk meredakan rasa nyeri. Lalu, di bawah lutut Anda letakkan bantal. Fungsi bantal adalah sebagai penyangga. Selanjutnya, Anda ambil nafas panjang lalu dibuang, ambil nafas lagi lalu dibuang begitu seterusnya hingga rasa nyeri yang Anda rasakan berkurang.

2. Olahraga secara rutin

Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti joging, jalan santai, berenang atau bersepeda. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa nyeri yang timbul akibat haid. Anda dapat memilih jenis olahraga sesuai kemampuan tubuh namun dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

3. Mandi dengan air hangat

Air hangat berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang sehingga rasa nyeri di bagian perut berkurang. Selain digunakan untuk mandi, Anda juga dapat mengkompres perut menggunakan botol berisi air hangat.

4. Relaksasi

Salah satu bentuk relaksasi yang efektif digunakan sebagai pereda nyeri haid adalah yoga. Hal ini dikarenakan melakukan yoga dapat meredakan kram dan rasa sakit pada perut. Selain itu, yoga dapat meminimalisir stres emosional sehingga membuat otot lebih rileks dan tidak tegang.

5. Minum obat pereda rasa nyeri

Apabila rasa nyeri tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Hal ini dikarenakan ada beberapa obat pereda nyeri haid yang harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Salah satu contohnya adalah OAINS (Obat Anti Inflamasi Non-Sterosis).

Obat pereda nyeri haid lainnya adalah pil kontrasepsi. Pil tersebut dikonsumsi agar lapisan rahim menipis sehingga kontraksi pada otot rahim berhenti. Selain itu, juga dapat menekan jumlah prostaglandin. Jumlah prostaglandin yang banyak dapat memicu meningkatnya kontraksi pada rahim sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri.

 

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code