Tour de Java Pertama Kali

Tour de Java adalah sebuah turnamen balap sepeda dengan memiliki rute terpanjang di Indonesia. Untuk pertama kalinya, Tour de Java diadakan pertama kali pada tanggal 17-30 Agustus 1958 untuk memperingati hari Kemerdekaan RI, yang diprakasai oleh surat kabar lokal Bandung Harian Pikiran Rakjat.

Tour de Java Pertama Kali

Balap sepeda Tour de Java ini terinspirasi dari kejuaraan sepeda Tour de France ketika seorang Jurnalis Prancis bercerita tentang balap sepeda di Perancis yang memiliki jarak tempuh yang sangat jauh kepada seorang wartawan Pikiran Rakjat.

Akhirnya surat kabar Harian Pikiran Rakjat terbitan Bandung tersebut melaksanakan Tour de Java I tepat pada peringatan hari kemerdekaan RI 17 Agustus 1958.

Tour de Java I berlangsung dengan 11 etape yang menempuh jarak 1262 km Bandung – Surabaya pulang pergi dan diikuti sekitar 70 pembalap yang berusia antara 15-30 tahun. Start etape 1 dimulai dari jalan Asia-Afrika depan kantor koran harian Pikiran Rakjat Bandung.

Pemenang Tour de Java I

Pemenang Balap sepeda Tour de Java I 1958 adalah:

Munaip Saleh dari Bandung dengan waktu total 46 jam, 51 menit, 0.4 detik

Hamsin Rusli dari Jakarta dengan catatan waktu 46 jam, 51 menit, 39,1 detik,

Theo Pellupesy dari Bandung dengan waktu 46 jam, 51 menit 39,3 detik.

Pemenang pertama berhak atas hadiah sebuah sepeda sport buatan luar negeri yang waktu itu harganya sangat mahal dan jarang dipunyai orang Indonesia.

 

Balap sepeda Tour de Java I 1958 – Kumau Info

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *