Penyedia Pinjaman Dana Non Bank di Indonesia
Home » » Penyedia Pinjaman Dana Non Bank di Indonesia

Penyedia Pinjaman Dana Non Bank di Indonesia

Saat ini, Bank dan lembaga keuangan non bank penyedia pinjaman dana merupakan salah satu pelaku terpenting dalam perekonomian di sebuah negara. Kalangan pebisnis maupun masyarakat luas sangat membutuhkan jasa pinjaman dan untuk mendukung dan memperlancar aktivitasnya. Bank dan lembaga keuangan lainnya sangatlah penting, khususnya sebagai lembaga mediasi antara pihak yang memiliki dana dan yang membutuhkan dana.

Di Indonesia, masyarakat semakin mudah menemukan bank maupun tempat pinjam uang tunai non bank dengan banyaknya kantor cabang maupun usaha keuangan lokal yang hampir merata di seluruh kota bahkan sampai tingkat desa. Perkembangan tersebut tentunya memiliki dampak positif bagi perekonomian baik itu di pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat itu sendiri.

Penyedia Pinjaman Dana Non Bank di Indonesia

Beberapa Layanan Keuangan di Indonesia


Peraturan pemerintah yang mempermudah pihak lain selain bank untuk memberikan pinjaman dana tunai merupakan solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya serta pebisnis untuk mengembangkan usahanya dengan mendapatkan uang tunai dengan cara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Berikut beberapa layanan keuangan non bank yang tumbuh pesat di Indonesia

1. Perusahaan sewa guna usaha. 

Perusahaan sewa guna usaha atau leasing semakin berkembang. Perusahaan leasing bergerak dibidang pembiayaan untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabah  sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak. Pembiayaan disini maksudnya jika seorang nasabah membutuhkan barang-barang modal seperti peralatan kantor atau mobil dengan cara sewa atau dibeli secara kredit dapat diperoleh di perusahaan leasing. Selain itu, masyarakat dapat dapat menerima pinjaman dana dengan sistem jaminan seperti bpkb atau sertifikat. Sebagai contoh, pinjaman dana di BFI finance diberikan dengan jaminan bpkb kendaraan roda dua atau roda empat.

2. Perusahaan Pegadaian. 

Usaha gadai atau pegadaian adalah kegiatan menjaminkan barang-barang berharga kepada pihak tertentu, guna memperoleh sejumlah uang. Barang yang dijaminkan akan ditebus kembali sesuai dengan perjanjian antara nasabah dengan lembaga gadai. Saat ini sudah banyak pihak swasta yang menyelenggarakan usaha gadai. Banyak diminati masyarakat karena hanya butuh beberapa menit saja, uang tunai yang dipinjam langsung diberikan disediakan oleh pegadaian. Selain itu, kantor cabang pegadaian pemerintah sangat banyak hingga kota kecamatan.

3. Koperasi Simpan Pinjam. 

Koperasi merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai tujuan atau kepentingan bersama. Jadi koperasi merupakan bentuk dari sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama. Kelompok orang inilah yang akan menjadi anggota koperasi berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong khususnya untuk membantu para anggotanya yang memerlukan bantuan baik berbentuk barang maupun pinjaman uang. Bagi karyawan atau kelompok masyarakat tertentu, dengan adanya koperasi sebagai tempat pinjam dana tunai sangat membantu, sehingga perkembangan koperasi terus meningkat. Dalam perkembangannya, koperasi mencoba bekerjasama dengan institusi keuangan dan bahkan bank, demi meningkatkan cadangan dana kas yang dimiliki.

Masih banyak jasa penyedia dana non bank di Indonesia seperti asuransi, pasar modal, ventura, pinjaman pribadi dan lain sebagainya. Namun 3 jenis usaha pinjaman uang tunai di atas merupakan lembaga keuangan bukan bank yang paling besar angka pertumbuhannya di Indonesia.


Penyedia Pinjaman Dana Non Bank di Indonesia - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved