30 Desember 2018

Peringatan Hari Buruh Di Indonesia


Setiap tanggal 1 Mei,diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia. Bagaimana peringatan hari buruh di Indonesia?


Peringatan Hari Buruh Di Indonesia


Sebenarnya, sebelum merdeka Indonesia sudah mulai merayakan hari buruh pada tahun 1920. Ibarruri Aidit (putri sulung D.N. Aidit) sewaktu kecil bersama ibunya pernah menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional di Uni Soviet.

Sesudah dewasa, ia menghadiri pula peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 1970 di Lapangan Tian An Men, RRC. Pada peringatan itu, menurut Dia hadir juga Mao Zedong, Pangeran Sihanouk dengan istrinya Ratu Monique, Perdana Menteri Kamboja Pennut, Lin Biao (orang kedua Partai Komunis Tiongkok) dan pemimpin Partai Komunis Birma Thaksin B Tan Tein. 

Namun, sejak masa pemerintahan Orde Baru hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. 

Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia. 

Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota. 

Hari Buruh lalu ditetapkan sebagai hari libur nasional di tahun 2013 dan baru mulai dilaksanakan di tahun 2014.


Peringatan Hari Buruh Di Indonesia

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi