Adaptasi Bunga Teratai Dengan Lingkungannya

Pasti sudah banyak yang tahu Bunga Teratai, bukan? Ya. bunga teratai adalah bunga dari tumbuhan teratai (Nymphaea) merupakan tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Bunga teratai ditemukan pada 1985 di Mashyuza, Negara Rwanda, Afrika Bagian Timur.

Adaptasi Bunga Teratai

Dalam bahasa Inggris bunga teratai dikenal dengan nama water-lily atau waterlily. Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo.

Teratai hidup dan tumbuh tumbuh di air. Daun teratai bundar dan lebar. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air. Akar teratai di bawah air.

Ukuran diameter bunga teratai berkisar antara 5-10 cm. Bunganya tersebut terdapat pada tangkai, yang mana berasal dari perpanjangan dari rimpangnya.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   10 Video Viral YouTube Sepanjang Tahun 2016

Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.

Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya?

Bentuk daun yang bulat, lebar dan tipis. Teratai memiliki bentuk daun yang berbeda dengan tumbuhan lainnya. Daun yang bulat menyebabkan teratai untuk mampu menyerap cahaya sebanyak – banyaknya, memudahkan teratai melakukan penguapan air sebanyak – banyaknya dan fotosintesis. Dan juga teratai memiliki lapisan pembersih pada daunnya.

Batang dan akar yang berongga. Teratai memiliki bunga yang tumbuh di atas air, padahal akar dari bunga teratai berada di dasar air. Teratai beradaptasi dengan menciptakan rongga pada batang berongga untuk menyalurkan oksigen.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Manfaat Limbah Hasil Olahan Rumput Laut

Tanaman bunga teratai merupakan jenis tanaman yang unik. Meskipun teratai berada dalam air yang berlumpur yang kotor, justru warna bunganya akan lebih cemerlang.

Artinya, jika warna merah akan lebih merah, jika merah muda, warnanya akan lebih terang, dan jika putih akan lebih putih.

Hal unik lain dari teratai adalah jika pada waktu pagi hari, bunganya akan mulai terlihat di permukaan air lalu bermekaran, dan jika sudah sore, bunganya kembali kuncup lalu setelah itu tenggelam kembali ke dalam air.

Rangkuman tentang Bunga Teratai

1. Apa itu bunga teratai?

Bunga teratai adalah tanaman air atau juga dinamakan dengan bunga waterlily.

2. Di mana habitat asli bunga teratai?

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dunia

Bunga teratai hidup di permukaan air yang tenang.

3. Mengapa bunga teratai hidup di air?

Bunga teratai hidup di air karena mempunyai rongga udara di batangnya yang membuat teratai mengapung dan menyesuaikan diri dengan hidup di air.

4. Kapan bunga teratai ditemukan?

Bunga teratai ditemukan pertama kali pada 1985 di Mashyuza, Rwanda.

5. Siapa yang menemukan bunga teratai?

Penemu pertama bunga teratai adalah suku Nymphaeaceae.

6. Bagaimana cara bunga teratai berkembang biak?

Bunga teratai bisa berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. Generatif dengan biji dan vegetatif dengan cara bertunas.

 

Adaptasi Bunga Teratai Dengan Lingkungannya – Kumau Info

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *