Belajar Artificial Intelligence dari Drama Korea

Belajar Artificial Intelligence dari Drama Korea – Menonton drama Korea alias drakor tidak hanya menghibur. Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari setiap cerita yang disajikan. Bahkan, tak jarang dari drakor kita bisa belajar banyak hal, artificial intelligence (AI). Banyak drama Korea yang mengangkat tema AI, yang paling terbaru adalah drama Start-Up dan Please Don’t Date Him.

Artificial Intelligence dari Drama Korea

Mengenal Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau yang disebut juga kecerdasan buatan ini memungkinkan sebuah mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia pada umumnya. Kamera pengenal wajah, mobil yang berjalan sendiri adalah salah satu contoh AI yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada AI ini, teknologi komputer dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu melalui pemrosesan sejumlah data dan pengenalan pola alami data.

Drama Korea Bertema Artificial Intelligence

Tema AI ini menurut laman www.deestories.com sudah lama dan seringkali diangkat dalam cerita drama Korea. Pada awal kemunculannya, tema AI di drakor diwujudkan dalam bentuk robot yang menyerupai manusia. Kisah cinta antara robot dan manusia inilah yang nantinya menjadi jalan cerita. Drama I Am, Are You Human dan Are You Human Too? adalah contoh drama Korea yang mengangkat kisah Artificial Intelligence.

Tahun 2020, kisah AI dalam drakor mengakat sisi yang berbeda. Tidak lagi berwujud robot menyerupai manusia, tetapi lebih kepada penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Pada drama Start-Up yang dibintangi si cantik Bae Suzy ini, kecerdasan buatan diangkat sebagai impian yang ingin diwujudkan oleh anak muda. Start-Up menceritakan bagaimana perjuangan anak muda merintis perusahaan start up yang berbasis kecerdasan buatan. Mulai dari bisnis antar makanan secara online hingga kamera pengenal wajah dibahas dalam drama ini. Start-Up menjadi drama Korea dengan rating yang selalu tinggi dari awal hingga akhir penayangannya. Daebak!!!

Selain Start-Up ada satu lagi drama Korea yang bertema Artificial Intelligence. Please Don’t Date Him, adalah drama Korea romantis yang berbalut kecanggihan teknologi.

Please Don’t Date Him bercerita tentang programer perempuan yang bekerja pada perusahaan teknologi di bidang rumah tangga. Perusahaan ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menghasilkan peralatan rumah tangga canggih, salah satunya adalah lemari es.

Ketidaksengajaan memasukkan chip milik Badan Intelejen Nasional, membuat lemari es tersebut berubah fungsi. Lemari es tersebut tidak hanya bisa mendeteksi kesegaran sayuran dan semua bahan makanan di kulkas, tetapi justru bisa mendeteksi karakter orang dari makanan terakhir yang dikonsumsinya.

Dengan bantuan lemari es ini, kita bisa terhindar dari kesalahan memilih pasangan. Lemari es ini akan mendeteksi semua karakter pasangan, baik yang baik ataupun yang buruk. Wah, haruskan lemari es ini diwujudkan secara nyata ya? Biar menekan angka perceraian, LOL.

Manfaat Artificial Intelligence

Lalu sebenarnya apa sih manfaat dari artificial intelligence ini? Banyak manfaat dari penerapan kecerdasan buatan ini. Pada intinya artificial intelligence ini membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien, misalkan tanya Veronika asisten virtual Telkomsel.

Tak heran jika saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan. Mulai dari bidang kesehatan, transportasi, hingga telekomunikasi menggunakan teknologi artificial intelligence ini.

Wah ternyata dari drama Korea yang ringan dan menghibur kita bisa belajar artificial intelligence ya. AI yang cukup rumit ini ternyata menjadi cukup mudah dipahami dalam cerita drama Korea.

 

Belajar Artificial Intelligence dari Drama Korea

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *