Latar Belakang Asal Nama Madura

Madura merupakan nama pulau dengan luas kurang lebih 5.168 km2 terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Latar belakang asal-usul tentang nama Madura ternyata banyak sekali versi yang ada di masyarakat Madura.

Asal-usul Nama Madura

Menurut cerita rakyat, dahulu ada seorang raja mempunyai seorang putri yang tidak mau dikawinkan. Tetapi lama-kelamaan putri tersebut hamil tanpa suami. Raja merasa malu karena anaknya hamil tanpa suami.

Raja menyuruh patihnya membuang putri tersebut Untuk keperluan itu sang patih membuat perahu, kemudian sang putri disuruh naik dan dilepas di lautan. Akhirnya perahu tersebut terdampar pada sebuah pulau yang tak ada penghuninya

Di pulau inilah sang putri melahirkan seorang bayi laki-laki yang tampan rupanya Bayi tersebut diberi nama Adi Segoro, lalu lebih dikenal dengan nama Maddhuna Saghara.

Dari kata maddhuna saghara ini, kemudian menjadi Maddhu na dan akhirnya menjadi Madura seperti sekarang ini.

Versi lain mengatakan bahwa nama Madura ini erat sekali hubungannya dengan penyerangan Joko Tole atau Dampo Abang, raja negeri Cina yang hendak memperistri gadis-gadis Madura (menghisap madunya gadis Madura).

Tetapi Dampo Abang mengalami kekalahan. Dengan kekalahan Dampo Abang ini berarti gadis Madura masih asli; maksudnya madunya masih utuh, belum dihisap oleh Dampo Abang. Dari kata maddhuna-dhara, ‘madu gadis’, timbullah nama Madura seperti sekarang ini.

Ditinjau dari segi penghasilan, pulau Madura bisa disebut “madu dari laut”, atau dalam bahasa Jawa artinya ‘madu segara’ sehingga terjadilah rangkaian kata Madura, dengan catatan bahwa madu dari laut berarti garam, walaupun garam sendiri rasanya asin bahkan pahit apabila terlalu banyak dimakan.

Dilihat dari segi geografis asal nama pulau Madura bisa ditafsirkan dari dua kata maddhu dan segara, ‘pojok lautan’. Mungkin tafsiran ini ditimbulkan oleh penduduk yang diam di pulau Jawa yang melihat pulau tersebut berada di pojok pulau Jawa.

 

Latar Belakang Asal Nama Madura

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *