Posisi yang Tepat Menyusui Bayi Baru Lahir

Ketika seorang ibu yang Pasca melahirkan mengalami baby blues itu akan berdampak kepada banyaknya atau sedikit ASI yang keluar. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh semua moms yang baru melahirkan bukan? Bagaimanapun juga, ASI adalah wajib diberikan untuk bayi yang baru lahir sebagai makanan pertamanya.

Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Kesuksesan memberikan ASI didukung beberapa faktor, mulai dari kondisi Moms, bayi, hingga posisi tepat saat menyusui bayi baru lahir. Untuk mengatasi ASI yang lancar, moms bisa mengikuti posisi yang benar dalam menyusui bayi sebagai berikut:

1. Cradle Position

“Ini merupakan posisi menyusui paling klasik, yaitu kepala bayi akan berada di antara lekukan salah satu lengan ibu, seperti saat menimang bayi,” jelas dr. Nia.

Posisi ini dilakukan dengan lengan Moms menopang bayi di payudara. Kepala bayi diletakkan di dekat siku, dan lengan Moms menopang tubuh bayi di sepanjang punggung dan leher.

Pastikan ketika melakukan posisi ini, Moms dan Si Kecil harus bersentuhan dari dada ke dada.

2. Cross Cradle Position

Posisi menyusui yang benar lainnya adalah cross cradle position. Dr. Nia mengatakan posisi ini berlawanan dengan posisi cradle hold. Ketika menyusui menggunakan payudara kanan, maka ibu menggunakan tangan kiri untuk menopang bayi.

Posisi cross-cradle menggunakan lengan yang berlawanan untuk menopang bayi, dengan bagian belakang kepala dan leher bayi dipegang salah satu tangan Moms.

Sementara, tangan lainnya digunakan untuk menopang dan memposisikan payudara jika diperlukan. Dalam posisi ini, Moms dapat menuntun bayi dengan mudah menuju payudara ketika siap untuk

3. Football Hold

“Posisi menyusui ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh ibu, tepatnya di bawah lengan. Sisi yang digunakan sama dengan sisi payudara untuk menyusui,” terang dr. Nia.

Selain itu, posisi menyusui yang benar ini juga cocok untuk bayi dengan berat badan lahir rendah, atau bayi yang mengalami kesulitan mengunci dengan pas saat menyusui.

4. Side Lying Position

Menurut dr. Nia, posisi menyusui bayi baru lahir ini bisa dilakukan saat ibu merasa lelah, atau menjelang tidur.

Posisi ini dilakukan dengan Moms yang berbaring miring dan menghadap ke arah bayi, posisikan mulut bayi sejajar dengan puting. Moms dapat menggunakan bantal untuk sandaran punggung dan leher.

Posisi ini bisa menguntungkan bagi ibu yang telah menjalani operasi caesar, karena tidak menempatkan atau memberi berat pada daerah dada dan perut.

5. Laid Back Position

Menurut dr. Nia, posisi menyusui bayi baru lahir ini merupakan posisi menyusui seperti saat Inisiasi Menyusu Dini, saat melahirkan secara normal.

Laid back position dilakukan dengan bayi dalam posisi bayi tengkurap dan menyender di dada sambil mengangkang. Sementara, Moms berposisi duduk tegak atau dalam posisi craddle.

Tidak hanya kelima posisi diatas yang bisa moms ikuti, masih banyak lagi posisi menyusui bayi yang benar lainnya. Dalam menjaga tingkat kelembapan kulit bayi yang sensitif akibat lebih banyaknya air kecing si kecil karena banyak diberikan ASI, moms bisa menggunakan popok bayi untuk kulit sensitif.

Menurut riset yang telah dilakukan popok bayi no.1 di Jepang seperti merries merupakan popok terbaik dan dapat mengurangi ruam pada kulit bayi yang sensitif.

 

Posisi Tepat Menyusui Bayi Baru Lahir

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *