11 November 2017

Mudik di Tiongkok Terbesar Di Dunia


Kegiatan mudik merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia juga oleh sebagian masyarakat di beberapa negara. Umumnya perjalanan mudik adalah suatu perjalanan spiritual, dimana segala daya dan upaya akan dikerahkan demi bisa pulang kampung ke daerah asal para pemudik. Ketika sampai di lokasi tujuan mudik dengan selamat, perasaan senang yang tak terhingga akan membuncah di batin segenap individu yang terlibat.

Mudik di Tiongkok Terbesar Sedunia
Antrian di salah satu stasiun kereta

Kegiatan Mudik Terbesar Di Dunia Ada Di Tiongkok 


Di Tiongkok (China) mudik pun juga terjadi setiap tahun baru kalender Tiongkok. Jatuh pada setiap bulan Februari, mudik di Tiongkok merupakan suatu peristiwa mobilisasi manusia yang terbesar di dunia. Selain terbesar, mudik di Tiongkok juga terbilang sangat kondusif dan sangat terjamin keamanannya.

Di Tiongkok, masyarakat dihimbau keras untuk tidak melakukan mudik dengan menggunakan motor. Masyarakat yang kedapatan menggunakan motor akan diberhentikan oleh aparat yang berwenang dan mengalihkan perjalanan mereka dengan menggunakan bus yang sudah disediakan. Hal tersebut serta-merta karena pemerintah sebagai pelaksana kebijakan harus bertanggung jawab atas keselamatan warganya.

Fakta yang di dapat dari sumber online mengenai mudik di Tiongkok pada tahun 2014 adalah sebagai berikut:
  1. Terdapat sekitar 230 juta orang total pemudik yang terdata oleh pihak berwenang. 
  2. Persentase moda transportasi yang digunakan: 60% menggunakan kereta antar provinsi atau Gaotie, 19% menggunakan bus atau mobil pribadi, 11% menggunakan kapal laut, dan 10% lainnya menggunakan pesawat udara sebagai moda transprotasi ketika mudik. 
  3. Dari sekian banyak jumlah pemudik yang berhasil terdata, terdapat hanya 10 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas untuk tujuan bermudik. Jumlah 10 orang itu merupakan hasil dari upaya penurunan jumlah tingkat kecelakaan dalam berkendara yang berhasil ditekan 38,5% dalam jumlah korban, dan 31,6% dalam jumlah kecelakaan.
  4. Pada tahun 2014 ini terjadi sekitar 3,6 milyar perjalanan yang terhitung dari banyaknya koneksi moda transportasi yang digunakan untuk mencapai lokasi mudik. Hal ini menunjukkan peningkatan 3 kali lipat dari tahun 1994 yang hanya mencapai 1,2 milyar. Dengan begitu, menunjukkan bahwa ketersediaan alternatif yang aman dalam hal sarana transportasi mudik juga disiapkan oleh pemerintah sebagai perumus dan pelaksana kebijakan bagi rakyatnya.
Hampir 80% pemudik di Indonesia menggunakan motor sebagai moda transportasi untuk menuju lokasi tujuan meskipun sudah disediakan mudik gratis. Dengan menempuh jarak dan waktu yang tidak sedikit, para pemudik di Indonesia rela untuk mempertaruhkan keselamatan mereka dan orang lain yang juga sesama pemudik.

Terlebih lagi apabila mudik dengan menggunakan motor kerap kali berbahaya lantaran kelebihan muatan dan pengendara hanya satu orang, yaitu suami dari sebuah keluarga, sehingga tidak ada yang menggantikan posisi pengendara motor untuk tetap optimal berkendara.


Mudik di Tiongkok Terbesar Sedunia - Kumau Info

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi