daftar iklan mgid

5 Langkah Dasar Merawat Burung Perkutut Agar Tidak Mudah Sakit

Pada dasarnya merawat burung perkutut tidaklah terlalu sulit bagi yang sudah biasa. Namun jika Anda pemula dalam memelihara burung kicau ini, tentunya harus memperhatikan dengan teliti cara perawatannya agar tidak mudah sakit.

Merawat Burung Perkutut

5 Cara Dasar Merawat Burung Perkutut Agar Selalu Bugar

Apa saja cara-cara merawat burung perkutut dengan tepat agar bisa manggung dengan baik? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Memandikannya dengan Rutin Setiap Hari.

Tentunya hal ini bermanfaat agar bulu perkutut bersih dan tidak mudah dihinggapi kutu. Selain itu, mandi dengan rutin dapat membuat bulu perkutut lebih mengkilat dan menarik.

Setelah memandikan jangan lupa burung perkutut dijemur di bawah sinar matahari pagi. Hal tersebut bermanfaat untuk kesehatan perkutut sehingga menjadikannya tahan terhadap serangan penyakit ataupun kutu.

Sebaiknya Anda menjemur perkutut sekitar jam 07.00 sampai 10.00 pagi karena pada saat itu, cahaya matahari masih sejuk dan cenderung sehat karena memberi asupan vitamin D.

2. Beri Tempat dengan Suasana yang Nyaman

Pada dasarnya setiap makhluk hidup termasuk hewan membutuhkan tempat hidup yang nyaman agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Tak terkecuali burung perkutut, ia akan berkembang dengan baik dan menghasilkan kicau yang berkualitas jika suasananya nyaman.

Oleh karena itu, pemilihan tempat memelihara burung perkutut harus diperhatikan sedemikian rupa agar ia tidak gampang stress. Carilah tempat dengan suasana yang aman dan nyaman jika Anda ingin burung pengicau ini berkembang dengan baik.

3. Pemberian Pakan Secara Rutin

Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan makanan sebagai sumber tenaga baginya, tak terkecuali makanan burung perkutut. Burung pengicau dengan nama ilmiah Geopelia striata ini sangat menyukai pakan seperti berikut ini :

  • Biji-bijian misalnya kacang hijau, kacang tanah, padi, dan jagung.
  • Milet yaitu pakan yang berasal dari tumbuhan serealia. Jenis pakan satu ini cukup terkenal di kalangan pencinta burung karena memiliki nilai gizi yang bagus.
  • Jewawut juga menjadi salah satu pakan burung perkutut yang kaya akan nilai gizi. Bahkan jewawut pada dasarnya juga merupakan makanan pokok di beberapa daerah di tanah air.

Anda bisa memberi pakan di atas secara rutin setiap hari sebanyak tiga kali sehari. Yaitu pada saat pagi, siang, dan sore sehingga burung perkutut pun akan terpenuhi gizinya dengan baik.

4. Memberinya Multivitamin

Tidak hanya memberi pakan, ternyata pemberian multivitamin pun bisa mempengaruhi kesehatan burung perkutut serta menjadikannya nampak lebih bugar. Tentunya perkutut yang sehat akan berkicau lebih indah.

Dengan pemberian multivitamin, perkutut jadi tidak gampang sakit-sakitan karena lebih tahan terhadap serangan bakteri dan virus yang dapat bersarang dalam tubuhnya.

5. Rutin Membersihkan Kandang Perkutut

Kenyamanan tempat hidup perkutut tidak bisa lepas dari kondisi kandang yang bersih. Hal ini menjadi wajib dilakukan mengingat kenyamanan dan kebersihan kandang mempengaruhi kualitas burung perkutut itu sendiri.

Sebaiknya Anda rutin mengecek dan memeriksa sangkar perkutut misalnya dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Mengganti alas sangkar yang dijadikan penampung kotoran burung perkutut
  • Jaga kesterilan burung dan sangkar dengan mengganti pakan dan minumnya yang sudah lama.

Anda bisa melakukan dua hal sederhana di atas minimal dua hari sekali agar perkutut dapat hidup dengan nyaman di dalam sangkarnya.

Tentunya lima cara-cara di atas merupakan langkah dasar agar perkutut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Semakin Anda rutin memberikan perawatan dan ekstra dalam memberikan asupan gizi untuk perkutut, tentunya kualitas burung pengicau ini akan semakin baik. Apalagi di masyarakat Indonesia terdapat tradisi memelihara perkutut untuk keberuntungan.

 

Merawat Burung Perkutut Agar Tidak Mudah Sakit

Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *